Karakter Sitem Bisnis

Bisnis merupakan suatu sistem yang mempunyai suatu tujuan yaitu menghasilkan barang atau jasa untuk memuaskan kebutuhan konsumen atau pelanggan. Dengan mengacu pada definisi sistem, maka kita dapat sebuah gambaran bahwa antara perusahaan bisnis dan konstituen – konstituen dalam masyarakat mempunyai keterkaitan satu sama yang lain. Apapun bentuk kegiatan yang dilakukan oleh sistem bisnis berdampak pada sistem sosial yang lebih besar. sistem bisnis sangat berkaitan dengan sistem politik, sitem ekonomi, sistem sosial, dan sistem hukum dan perundang – undangan yang berlaku di suatu negara. Sistem bisnis di jaman sekarang sangatlah komplek dan rumit yang terdiri dari berbagai sektor, dan setiap sektor terdiri dari beberapa kelompok industri. Dan setiap kelompok terdiri dari perusahaan – perusahaan individual. Contoh, sektor manufactur terdiri dari perusahaan perusahaan perakitan mobil, peralatan rumah tangga ( rice cooker, kompor gas, mecin cuci) dan barang – barang elektronik (radio, laptop, lampu, handphone dan sebagainya). Sektor jasa terdiri dari perusahaan transportasi (kereta api, pesawat terbang, kapal laut, bus dan angkutan dara lainnya), perusahaan pariwisata (tempat – tempat wisata, hotel, restoran). Dan kelompok profesional tediri dari individu – individu misalnya dokter, bidan, pengacara, arsitek, guru, dosen. Dalam melakukan kegiatannya mereka selain mempunya kantor pusat juga mempunya cabang – cabang di berbagai wilayah di seluruh indonesia. Misal Jakarta, Malang, Surabaya, Madiun, Yogyakarta, Medan, Samarinda, Ujung Pandang, Bali, Sumatra, dan lain sebagainya.

Mengapa perusahaan – perusahaan tersebut mempunyai keterkaitan satu sama lain? Karena dalam melakukan segala kegiatan bisnisnya perusahaan yang satu bergantung pada perusaan yang lain. Misal suatu perusaan membeli bahan mentah untuk diolah menjadi barang setengah jadi, Kemudian dijual ke perusahaan perakitan dan perusahaan perakitan menjual barang yang sudah jadi ke agen – agen dan sampai akhirnya ke tangan pengecer dan konsumen. Sehingga sifat ketergantungan inilah merupakan karakteristik dari sitem bisnis sekarang ini.

Ada karekteristik lain yang terpenting yaitu perubahan atau inovasi. Inovasi dalam memproduksi barang dan jasa sangatlah ditekankan demi terwujudnya kepuasan pelanggan. karena seiring pergantian waktu maka akan berganti pula selera konsumen. Kalau perusahaan memenuhi itu semua maka perusahaan tersebut akan mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya.